Selasa, 19 Februari 2013

Manfaat internet untuk bisnis

Kegunaan/Manfaat internet dalam dunia bisnis

Bisnis yang memanfaatkan internet sebagai media mulai tumbuh berkembang di era tahun 90. Semakin berkembangnya maupun meningkat gaya hidup manusia, kehadiran teknologi ini mempermudah mereka dalam mengakses informasi adalah suatu keharusan. Momen ini di manfaatkan secara brilian oleh para pelaku bisnis. Mereka mulai beralih dari bisnis yang mereka lakukan secara offline(konvensional) ke metode online.

Manfaat internet untuk bisnis sangat dirasakan bagi pelaku bisnis yang ingin meraup pangsa pasar global atau lebih luas. Dengan media ini, pelaku bisnis yang sebelumnya bermain di pangsa lokal, kini mereka telah terlatih untuk meraup keuntungan di pangsa internasional. Banyak dari mereka yang memperoleh peningkatan keuntungan secara drastis setelah beralih ke bisnis secara online.

Merintis atau memulai bisnis online tentunya memerlukan ketrampilan tersendiri yang harus mereka pelajari. Walaupun secara konsep, strategi memulai bisnis melalui internet sama dengan bisnis konvensional. Namun ada perbedaan secara teknis yang mereka harus pelajari. Suatu contoh: untuk bisnis konvensional proses pembayaran pihak penjual maupun pembeli dilakukan dengan tatap muka , akan tetapi untuk bisnis pembeli harus membayar secara online( saat ini metode yang banyak digunakan adalah: Paypal ). Pembayaran secara online memerlukan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Karena pembayaran dengan metode online rawan oleh kejahatan para hacker yang sangat lihai untuk membobol data penting baik pembeli maupun penjual.

Bagi mereka yang merintis bisnis lewat internet , kehati-hatian dalam melakukan bisnis ini adalah suatu keharusan. Namun jangan dijadikan suatu hambatan untuk mengembangkan bisnis anda. Manfaat internet untuk bisnis akan mengalami booming di Indonesia 3 sampai 5 tahun lagi. So, siapkan diri anda untuk berkembang secara global. Keep the faith!
  Manfaat lainnya adalah mudah menentukan suatu bisnis, dalam artian segala bisnis yang ada bisa dikembangkan, asalkan tidak melanggar aturan-aturan yang telah di tentukan. Karena bila hal itu dilanggar, bisa mengakibatkan bisnis yang anda kelola runtuh.
Selain mudah menentukan bisnis, jaringan dalam mengirim dan menerima informasi sangat luas, dalam bertransaksi pun juga mudah, anda bisa melakukan riset di berbagai kota, provinsi dan negara.
Peluang anda untuk menjadi pebisnis online profesional pun bisa terealisasikan, anda bisa menciptakan usaha-usaha yang anda miliki, membuka jasa, dan bahkan anda dapat membuat perusahaan bisnis online sendiri.
Dalam bisnis online ini anda di tuntut untuk kerja secara profesional, memberikan dan melayani konsumen dengan yang terbaik. Karena, segala yang anda kerjakan dalam bisnis online ini, tak luput dari bentuk kerjasama antara anda dengan konsumen.
Saling menguntungkan merupakan sarana hal utama dalam berbisnis. Anda sebagai pemilik bisnis online di untungkan dengan mendapatkan uang, sedangkan konsumen pun mendapatkan keuntungan dari apa yang mereka dapatkan sebagai ganti uang mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar