Rabu, 20 Februari 2013

Komunitas Internet

KOMUNITAS INTERNET saat ini

Topik kali ini yang akan saya bahas adalah tentang komunitas internet / online. Di zaman yang semuanya sudah memanfaatkan internet, maka muncul lah trand baru, yang mereka sebut dengan komunitas online. Pada dasarnya sama saja seperti komunitas yang lain. Hanya saja komunitas ini lebih aktif berinteraksi dengan anggotanya melalui sebuah media yaitu internet, sosial media contohnya.
Istilah kata komunitas berasal dari bahasa latin, communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat, publik atau banyak orang.
Wikepidia bahasa indonesia menjelaskan pengertian komunitas sebagai sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagai lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.
Komunitas online merupakan sekelompok orang dalam berkomunikasi menggunakan internet sebagai media utama dan tidak mengandalkan pertemuan langsung secara fisik.
Di era internet siapapun bisa membuat dan menyebarkan informasi, namun sepenting apapun informasi itu bila hanya disuarakan satu orang onliner atau gaungnya tidak akan terdengar. Disinilah peran sebuah komunitas online diperlukan, sebuah informasi bila disuarakan secara bersama- sama  oleh komunitas online tentu gaungnya akan besar terdengar, yang bisa menarik perhatian media mainstrem tentunya informasi penting yang gaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang.
Namun onliner juga manusia, merasa tak afdol jika belum berinteraksi lansung secara fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan para onliner didunia nyata yang umumnya di namakan Kopdar.
Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman.
Tak bisa dipungkiri bahwa secara psikologis jika seseorang rutin bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan menimbulakan ikatan emosional tersendiri di hati orang tersebut terhadap komunitasnya.

Contoh komunitas internet:
a.  Twitter
b.  Facebook
c.  Kaskus
d.  Dll

Kemampuan komunitas internet untuk menyatukan manusia dalam ruang lingkup global bisa mendatangkan banyak manfaat. Namun harus tetap berhati- hati karena cakupannya yang terlalu besar. Komunitas online bisa menjadi tempat strategis bagi para penjahat untuk mengincar anda. Yang sering terjadi biasanya adanya pencurian identitas dan pelecehan. Kebanyakan korbannya adalah anak- anak. Selain itu banyak psikolog yang mengkhawatirkan bahwa terlalu banyak berinternet membuat orang melupakan kehidupan nyata di masyarakat.
Demikian penjelasan saya mengenai komunitas internet, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan semakin bersahaja dalam memanfaatkan teknologi.

sumber : http://gemaramadhanh.wordpress.com/2012/10/20/komunitas-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar